pgrisanggau.or.id – Selasa, 11 Juli 2023, Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Beduai mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dengan tema “Mengembangkan kompetensi Guru Untuk Siap Melaksanakan Kurikulum Merdeka”. Kegiatan ini dilaksankan selama dua hari, yakni 11–12 Juli 2023 di SD Negeri 01 Beduai dan diikuti oleh 35 guru jenjang SD dan PAUD se-Kecamatan Beduai. Adapun yang menjadi dasar dilaksankannya workshop adalah Rekomendasi hasil Lingkar Belajar Guru (LBG) PGRI Kecamatan Beduai Tahun 2022 lalu.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Wilayah Disdikbud Kecamatan Beduai, Bapak Yohanis Misi, S.Pd. Dalam sambutannya Korwil memberikan apresiasi kepada PGRI Kecamatan Beduai yang telah memfasilitasi kebutuhan anggota khususnya dalam mengembangkan kompetensi guru. Beliau juga mengharapkan agar PGRI dapat menjadi wadah dan penyambung lidah atas segala kebutuhan guru di Kecamatan Beduai kepada stakeholder terkait.

PGRI Kecamatan Beduai dalam workshop kali ini menggandeng Komunitas Guru Penggerak Sanggau (KGPS) sebagai narasumber, yakni ibu Irna Sari Zubir, S.Pd, Ibu Siti Mariyana ,S.Pd dan Bapak Saiful Anam, S.Pd. Adapun materi dalam workshop ini meliputi :

  1. Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM);
  2. Kurikulum Tingkat Satuan Operasional (KOSP) ;
  3. Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar;
  4. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5);
  5. Assessment dalam Kurikulum Merdeka, dan
  6. E-Rapor Kurikulum Merdeka.

Selama workshop berjalan peserta begitu aktif bertanya dan bersimulasi atas materi-materi yang mereka terima. Peserta juga diberi penugasan sebagai output yang nantinya dapat peserta gunakan dalam proses pembelajaran di kelas selama melaksanakan kurikulum merdeka.

Dari materi, simulasi, dan penugasan yang diberikan oleh narasumber, peserta nantinya akan memperoleh sertifikat bernilai 32 JP yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau.

Dalam penutupan workshop, Ketua PC PGRI Kecamatan Beduai, Ibu Dewi Amelia Valentine, M.Pd menyampaikan bahwa PGRI akan terus upaya agar dapat menjadi wadah dan rumah terbaik bagi anggotanya dalam mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Beduai khususnya dan di Kabupaten Sanggau serta Indonesia untuk lebih luasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *